PENGALAMAN ORGANISASI YANG PERNAH DIIKUTI


PENGALAMAN ORGANISASI YANG PERNAH DIIKUTI


Setiap orang mempunyai pengalaman organisasi sendiri. Saya akan menceritakan pengalaman saya dalam berorganisasi. Sebelum menceritakan tentang pengalaman saya dalam berorganisasi, ada baiknya jika saya jelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan organisasi itu. Menurut Wikipedia organisasi adalah sekelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Tapi, menurut para ahli Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Sedangkan menurut saya organisasi adalah sekelompok orang atau individu dimana mereka mempunyai suatu tujuan yang sama untuk mendapatkan hal baru didalamnya. Dengan kita mengikuti organisasi kita belajar menghargai pendapat orang lain, memahami dan menghargai sifat orang lain, belajar mengemukakan pendapat, belajar untuk menjadi dewasa, berjiwa kepemimpinan, mendapat wawasan, menambah pengalaman, belajar mandiri dan masih banyak lagi hal positif yang didapat dalam organisasi. Banyak sekali organisasi yang ada disekolah, saya memberi contoh organisasi apa yang saya pernah ikuti, yaitu Pramuka.

            Pengalaman pertama saya ialah mengikuti organisasi Pramuka MAN 1 Padangpanjang. Di organisasi tersebut kegiatan saya bisa dibilang cukup aktif dilingkungan sekolah. Peran saya dalam organisasi tersebut sebagai anggota. Pramuka disekolah saya dahulu itu sangat diwajibkan, dan setiap akhir tahun selalu mengadakan pelantikan BANTARA dan LAKSANA. Tujuan utama organisasi Pramuka disekolah saya, dan pengajaran pramuka di sekolah saya dilaksanakan setiap hari Jumat. Pelatih yang ditempatkan disekolah saya yaitu Kakak Nila Fatmawati yang sekaligus juga Guru saya disekolah dan Kakak Rahman Sidik yang juga sebagi guru saya disekolah. Mereka membimbing dan membina kami dalam setiap kegiatan yang kami lakukan.
Organisasi kedua yang saya ikuti adalah SISPALA. SISPALA adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah Jabatan saya di dalam organisasi itu adalah Bendahara. Awalnya saya sangat ragu, saat mengikuti organisasi SISPALA ini karena organisasi ini baru kami dirikan disekolah, namun keraguan saya hilang setelah banyak peminat didalam organisasi ini. Meskipun demikian organisasi ini Alhamdulillah hingga sekarang masih ada dan sekamin berkembang. Organisasi ini bertujuan untuk membentuk siswa dalam kedisiplinan dan bersih lingkungan terutama dilingkungan sekolah. Organisasi ini dibina oleh Bapak Rahman Sidik yang sekaligus menjadi Pembina di Pramuka.
            Pengalaman selama saya menjadi anggota di Pramuka adalah memiliki teman-teman baru bukan hanya didalam lingkungan sekolah tetapi diluar sekolah, belajar berinteraksi dengan orang-orang hebat, melatih mental berbicara dan belajar bersabar
            Setelah saya tamat pada tingkat MAN ini, saya melanjutkan pendidikan ke UNAND III Dharmasraya di Jurusan Agroekoteknologi, disana saya juga mengikuti organisasi Pramuka ini. Namun waktu berkata lain, sehingga masa organisasi itu harus berakhir dikarenakan saya berhenti kuliah disana dikarenakan sakit. Tak hanya sampai disana, pengalaman organisasi itu saya lanjutkan di bangku perkuliahan selanjutnya yaitu di IAIN Bukitinggi. Di IAIN Bukittinggi ini saya menekuni Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Teknik Infirmormasi dan Keguruan. Di Jurusan ini juga memiliki organisasi yang disebut HMPS PBI IAIN Bukittinggi, dalam organisasi ini saya menduduki bidang Internal yang bergerak dalam kegiatan dalam kampus. Meskipun hanya di Jurusan PBI tidak menutup kemungkinan bagi saya untuk ikut bergabung dalam organisasi lainnya, contohnya saja ikut dalam berbagai kepanitian acara dalam organisasi kampus seperti DEMA FTIK IAIN Bukittinggi dan UKM KIR IAIN Bukittinggi yang organisasi ini bergerak dalam bidang Riset dan Karya Ilmiah dan bidang Kebahasaan dan bahkan dalam kegiatan DEMA IAIN Bukittinggi


            Dengan semua peengalaman saya dalam organisasi Intra kampus ini banyak hal baru yang saya dapatkan terutama bagaimana kita harus saling menghargai sesama. Dalam berorganisasi ini saya memegang teguh kepercayaan diri saya sebagai bentuk kesungguhan saya menjalaninya.
            Belajar berorganisasi tidak bisa dipelajari hanya dengan membaca ataupun teori, tetapi dengan cara berpengalaman berinteraksi langsung didalam organisasi itu. Organisasi dapat menambah wawasan pengetahuan yang tidak didapatkan dipelajaran sekolah dan didunia kerja pun kita harus pandai bekerja dalam tim, maka dari itu pengalaman berorganisasi sangat dibutuhkan apa lagi saat didunia kerja. Sedikit pengalaman saya yang dapat saya tulis disini semoga dapat bermanfaat dan dapat menginspirasi bagi kita semua.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Types Of Paper